Sabtu, 15 Februari 2014

Menuju OSPEK PTBB 2014



Pada hakikatnya OSPEK merupakan acara untuk memperkenalkan kampus dan mensosialisasikan kehidupan di perguruan tinggi kepada mahasiswa baru. Momentum bersejarah bagi setiap siswa yang memasuki gerbang perguruan tinggi ini khususnya di Universitas Negeri Yogyakarta akan dilaksanakan kurang lebih dalam 40 hari lagi. Dari panitia OSPEK Universitas, Fakultas, maupun Jurusan PTBB FT UNY sendiri sudah mulai mempersiapkan diri dari beberapa bulan lalu untuk menyambut mahsiswa baru baik dari jalur SNMPTN, SBMPTN, maupun SM (seleksi mandiri). Rangkaian acara Ospek di UNY sendiri akan dimulai pada tanggal 25 Agustus dengan agenda upacara penerimaan dan pembukaan OSPEK 2014 sekaligus OSPEK tingkat universitas dan display unit kegiatan mahasiswa, kemudian tanggal 27 – 29 agustus dilanjutkan dengan OSPEK tingkat fakultas dan jurusan. Untuk OSPEK jurusan PTBB sendiri akan dilaksanakan pada kamis, 28 agustus 2014.


OSPEK PTBB 2014 kali ini mengambil tema “Mewujudkan Generasi muda Pendidikan Teknik Boga dan Busana yang Profetik Berbasis Pendidikan Karakter yang Bertaqwa, Mandiri,  Cendekia”. Diharapkan mahasiswa baru nanti bisa menjadi teladan bukan hanya pada kepribadian tetapi juga peranannya. Sejauh ini persiapan yang dilakukan panitia OSPEK PTBB 2014 sudah ada perkembangan baik dari Sie Acara, PDD, Perlengkapan, dan Sie-Sie lainnya. Data mahasiswa baru dari jalur SNMPTN pun sudah diolah Sie KSK.

Mengutip kata-kata Bratadharma pada dasarnya, OSPEK merupakan pintu ilmu bagi mahasiswa-mahasiswi. Pintu itu akan dibuka dan dicermati atau dipelajari secara seksama oleh mahasiswa-mahasiswi baru untuk memperdalam ilmunya. Bila dari pintunya saja sudah buruk, maka pola pikirnya bisa saja terus menduga bahwa di dalam pintu akan sama buruknya. OSPEK bukan hanya ajang penenalan kampus tetapi merupakan sarana dalam memberikan gambaran awal kepada mahasiswa baru tentang perguruan tingginya. 
Tri Eko Priambodo selaku ketua OSPEK PTBB 2014 mengatakan bahwa OSPEK tahun ini sendiri belum bisa dikatakan seratus persen berhasil sebelum mind set mahasiswa baru berubah dari siswa menjadi mahasiswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar